Senin, 28 Januari 2013

Siapa Vladimir Putin? (Russia Part 1)

Dari sekian pembaca mungkin ada yang pernah mendengar nama Vladimir Putin? bagi para mahasiswa atau pengamat ilmu politik nama itu tentu jauh lebih populer dibandingkan sederet nama-nama terkenal seperti Justin Bieber, Lee Teuk Suju, Morgan Smash, Anisa Cibi ataupun Zaskia goyang itik. Sedikit curhat intro, kebetulan tugas akhir/penelitian (skripsi) kuliah saya di jurusan HI (Hubungan Intim Internasional) *kampusnya disensor, mengangkat topik mengenai presiden Rusia satu ini. #Oo...Putin presiden toh??, ya... benar sekali , bagi anda yang belum tau siapa sosok Vladimir Putin, berikut saya jelaskan secara singkat dan terperinci sesuai kemampuan penelitian saya;
Vladimir Vladimirovich  Putin adalah  presiden ke dua negara The Russian Federation atau dalam bahasa Rusia (Российская Федерацияtr. Rossiyskaya Federatsiya *saya juga kurang tahu bagaimana cara mengejanya dengan benar).  Putin kecil dilahirkan di St.Petersburg (salah satu kota distrik federal di Rusia) pada 7 Oktober 1952. meski terlahir di negara komunis Uni Soviet (sebelum Federasi Rusia) Putin dibaptis berdasarkan kepercayaan gereja ortodoks. Putin muda biasa dipanggil "Putka", ayahnya bernama Vladimir Spirodonovich Putin dan ibunya bernama Maria Ivanovna Putina. Putin ahli dalam berbahasa Inggris dan Jerman, selain itu dirinya juga jago silat ahli beladiri khususnya sambo (beladiri Rusia) dan Judo (sudah black belt).*tuh, ngeri kan.. makanya amerika jangan macem-macem!. dipandang dari sisi akademis, Putin adalah orang berpendidikan tinggi. ya jelas,, kalo nggak, ya mana bisa jadi presiden negara sebesar Rusia. Putin muda menempuh pendidikan sarjana di Jurusan Hukum Universitas negeri di St.Petersburg dan lulus pada tahun 1975. dirinya tidak sempat menjalani karir sebagai praktisi hukum, karena setelah lulus dia memilih masuk KGB (Komitet Gasudarstvenoi Bezopasnosti), yaitu dinas keamanan rahasia di masa Uni Soviet, dan akhirnya Putin menjalani karir panjangnya sebagai agen rahasia (spionase) di KGB, *sebuah pencapaian yang luar biasa di masa itu
Mengutip dari berbagai artikel; konon, selama berkarir di KGB sebagai mata-mata, Vladimir Putin tidaklah sehebat tokoh film fiktif "James Bond". namun, ada yang lebih menarik disini, setelah berhenti berkarir di KGB paska runtuhnya Uni Soviet, Putin merambah lebih jauh kedunia Politik, dirinya sempat menjadi asisten walikota moskow, kemudian karirnya menanjak menuju staf kepresidenan di era presiden Boris Yeltsin (presiden pertama Federasi Rusia), setelah itu mengepalai dinas FSB (dinas keamanan Rusia pengganti KGB), hingga akhirnya menjadi presiden Rusia dua periode di tahun 2000 dan 2004, dan sekarang kembali menduduki kursi empuk kepresidenan untuk ketiga kalinya ditahun 2012. Suatu pencapaian yang fantastis di luar dugaan yang belum bisa dicapai oleh James Bond.

Funny Joke Picture, Putin = James Bond.




Bagi para pembaca yang berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai sepak terjang Putin akan saya publikasikan di entri blog berikutnya atau bisa anda browsing sendiri karena banyak sekali sumbernya, atau boleh anda baca ratusan halaman di skripsi saya (kalau mau). setelah membaca intro (yang di atas baru intro) yang saya sajikan di atas. mungkin timbul berbagai pertanyaan di benak para pembaca sekalian, khususnya mengenai why and what. Mengapa Vladimir Putin? dan Apa menariknya? hal yang sama yang ditanyakan dosen saya ketika pertama kali mengajukan judul skripsi mengenai Vladimir Putin.
Secara pribadi, pertama, menurut saya hal ini menjadi menarik karena tokoh Vladimir Putin merupakan sosok kontroversial di kalangan akademisi dan pengamat politik di berbagai penjuru dunia, Putin merupakan salah satu pemimpin negara terkenal di dunia, karena keunikannya. Khususnya pandangan dan kebijakan politik yang berseberangan dengan barat/amerika. sesuatu yang bertentangan dengan amerika biasanya jauh lebih menarik ketimbang pihak-pihak yang pro-barat. sekalipun biasanya pihak-pihak yang tidak pro-barat jatuh pada kerusakan sistem politik dan ekonomi namun tetap saja itu menjadi terkenal dan menarik dibicarakan, terlepas dari benar atau salahnya. Sebenarnya masih banyak tokoh kontroversial lain di belahan bumi lainnya yang juga menjadi ketertarikan saya. seperti Ir.Ahmadinejad (Iran), Hugo Chavez (Venezuela), Kim Jong Eun (Korut) dan lain-lain. akan tetapi fokus dan spesialisasi saya lebih kepada Vladimir Putin (Rusia), namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai ideologi politik dan kebijakan negara. 
kedua, cerita mengenai Putin dan Rusia sangatlah informatif serta bermanfaat bagi anda pecinta wawasan dan ilmu pengetahuan. kalau sekiranya menurut pembaca ini kurang menarik, mungkin hanya perbedaan ketertarikan di berbagai bidang disiplin ilmu. setidaknya ini menjadi menarik buat diri saya sendiri, dan ketimbang info ini tidak dipublikasikan lebih baik disumbangkan dan menjadi amalan buat saya. 
ketiga, saya adalah fans Vladimir Putin walaupun alur pandangan/jalan cerita di skripsi saya lebih condong ke kontra Putin. maklum tuntutan dosen *agar cerita Putin lebih menarik katanya. karena popularitas Putin cukup tinggi dan akan menjadi biasa jika menceritakan tentang hal-hal positif dari Putin. peran saya jadi lebih seperti jurnalis.  

TO BE CONTINUE...

6 komentar:

  1. Benar nih. Saya juga suka hal-hal berbau yang kontra-barat. By The Way, awalnya saya kira Vladimir Putin sama kayak Rasputin. Rupanya beda. My bad =.=

    (Blogwalking to mine: http://danazumario.tumblr.com

    BalasHapus
  2. wahahah... jauh sekali bung. memang, di tiap negara selalu ada banyak nama yang sama. seperti halnya nama "Putin" di Rusia.

    BalasHapus
  3. min mau tanya pengaruh vladimir putin terhadap negara rusia apa ya ?

    BalasHapus
  4. min mau tanya pengaruh vladimir putin terhadap negara rusia apa ya ?

    BalasHapus
  5. Putin itu presiden rusia ya jelas berpengaruh

    BalasHapus
  6. Putin itu presiden rusia ya jelas berpengaruh

    BalasHapus